Menggapai Umrah Maqbul

Umrah merupakan salah satu ibadah yang dijalani oleh umat Islam dengan mengunjungi Baitullah untuk melakukan serangkaian ibadah, yang tentunya dengan amalan-amalan yang sudah ditetapkan demi mengharapkan ridha Allah SWT.

Tidak sedikit umat Islam yang melakukan umrah berkali-kali, bahkan menjadi jalan-jalan favorit. Sehingga tidak jarang banyak orang yang umrah hanya sekedar untuk menikmati wisata kota Makkah sehingga nilai-nilai ibadahnya malah ditinggalkan.

Nah, agar umrah kita menjadi ibadah yang sempurna sekaligus jalan-jalan yang mengesankan, ada baiknya bagi kita untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan benar agar kita mendapatkan umrah yang maqbul.

Memahami umrah maqbul

Meskipun tidak ada definisi yang jelas untuk menggambarkan kata maqbul dalam ibadah umrah, amun yang jelas umrah maqbul sendiri dapat diartikan sebagai suatu pencapaian ibadah yang sempurna, sehingga dapat diterima oleh Allah SAW.

Sama halnya dengan haji mabrur, ibadah umrah dapat diartikan sebagai ibadah yang bukan hanya menginjakkan kaki di Makkah dan menjalankan rukunnya saja, tetapi bagaimana proses dalam pembentukan akhlak, sesuai dengan kaidah-kaidah islam.

Umrah maqbul ini dapat kita peroleh dengan menghadirkan jiwa rohaniah ketika melaksanakan rangkaian ibadah dalam kehidupan sehari-hari, yang akan di sempurnakan melalui ibadah umrah ini.

Meskipun hukum ibadah umrah ini adalah Sunnah, jika dalam menjalankan ibadahnya dan kesehariannya baik, niscaya akan mendapatkan umrah yang maqbul.

Melihat ibadah sebelum dan sesudah umrah

Untuk mencapai kemaqbulan dalam melakukan ibadah umrah, ada baiknya untuk mengoreksi diri tentang ibadah yang selama ini kita lakukan. Bukan tidak mungkin, tindakan atau perbuatan yang selama ini kita lakukan, mulai dari perkataan kasar, tindakan yang jahat dan kesalahan lainnya tanpa kita ketahui ternyata telah menghapus pahala dari ibadah yang sering kita kerjakan.

Kota Mekah ibarat kampung halaman kita di akhirat

Banyak sekali orang-orang yang memunyai perilaku buruk akan di balas di tempat itu. Jadi alangkah baiknya setiap saat kita selalu melakukan tindakan-tindakan yang di cintai Allah dan tertuju hanya untuk beribadah kepada-Nya.

Setelah kita dapat introspeksi diri mengenai akhlak kita sebelum melakukan umrah, biasanya ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berangkat umrah. Rasulullah mengajarkan bahwa ketika akan memulai umroh harus dibarengi dengan niat ikhlas dan menjadi motivasi untuk beribadah kepada Allah.

Jadikanlah niat sebagai modal awal untuk melakukan ibadah, karena dengan ini Allah akan memudahkan kita dalam menjalankan ibadah Umrah. Jangan niat melakukan umrah hanya untuk jalan-jalan saja.

Selanjutnya anda harus memperhatikan dari mana uang yang anda pakai untuk umrah. Jangan sampai anda termasuk orang yang selalu mengumpulkan harta dengan jalan yang haram dan menggunakannya untuk melakukan umrah, karena hal itu membuat ibadah umrah tidak akan bernilai apa-apa di depan Allah.

Selain itu, tata cara pelaksanaannya pun harus dilakukan dengan benar secara sistematis. Untuk itu, ada baiknya untuk memahami betul semua amalan dan tata cara yang akan dilakukan sesuai syariat islam.

Untuk mendapat umrah yang maqbul, kita dapat merasakannya setelah ibadah umah selesai. Sebab, maqbulnya umrah dapat dilihat dari bagaimana kita berperilaku setelahnya, karena sifat maqbul hanya dapat didefinisikan dan dirasakan oleh kita sendiri tanpa ada patokan khusus, kecuali melihat apa yang menjadi tuntutan yang di ajarkan agama lslam.

Related posts